Sabtu, 30 November 2013

Pacal dan Sejarahnya


Pascal 

Pascal adalah suatu bahasa pemrograman terstruktur yang cukup terkenal hingga saat ini dan terus mengalami perkembangan. Nama ‘PASCAL’ diambil dari nama seorang matematikawan Prancis yang juga merupakan pioneer didalam sejarah perkembangan computer. Pada tahun 1641,  diusianya yang ke-81, Blaise Pascal telah membangun sebuah mesin aritmatika pertama, yang kemudian diperdebatkan sebagai computer pertama. Menutur sejarah yang ada, pada tahun 1650, Blaise Pascal telah meninggalkan dunia geometri dan fisika dan memfokuskan dirinya ke bidang agama seperti yang dituangkan dalam tulisannya yang berjudul “Contemplate The Greatness Misery of Man”. Sampai akhirnya dia meninggal dunia pada 19 Agustus 1662.


Mula-mula computer deprogram dengan menggunakan bahasa mesin dan assembly. Bahasa pemrograman jenis ini merupakan bahasa yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi sehingga susah untuk dimengerti dan dimodifikasi. Dengan demikian pemrograman seperti itu tentu akan memakan waktu yang lama dan diperlukan biaya yang mahal. Untuk mengatasi hal tersebut maka dikembangkanlah bahsa-bahsa pemrograman tingkat tinggi, yang didesign menyerupai bahasa manusia (bahsa Inggris). Salah satu bahsa tersebut adalah bahasa Pascal.

Bahsa Pascal sendiri selesai dikembangkan pada tahun 1970 oleh seorang professor bernama Niklous Wirth di Politeknik Zurich, Swiss. Tujuannya adalah untuk memudahkan para mahsiswanya dalam mempelajari pemrograman secara sistematis. Bahasa Pascal merupakan bahasa yang memiliki struktur data paling teatur bila dibandingkan dengan pemrograman lainnya. Maka dari itu bahasa Pascal sangat popular dan banyak dihynakan dikalangan akademis (Universitas). Sedangkan di dunia industry, memang harus diakui bahwa bahasa C/C++ lebih unggul penggunaannya bila dibandingkan dengan bahasa Pascal.

Itu merupakan Penjelasan sekaligus sejarah bahasa Pascal. Semoga informasi yang saya posting dapat bermanfaat bagi pembaca/pengunjung blog.





Sumber : Teknik Pemrograman Pascal, Budi Raharjo

                        Struktur Data di Planet Pascal, Dwi Sanjaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar