Rabu, 26 Desember 2012

Windows Registry

Windows Registry adalah platform sistem operasi Microsoft Windows 32-bit. Yang merupakan sebuah bais data yang disusun secara hierarkis yang mengandung informasi mengenai konfigurasi sebuah sistem, mulai sari konfigurasi perangkat keras, perangkat lunak, asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya hingga prefensi pengguna.

Registry merupakan pengganti berkas-berkas konfigurasi *.ini yang digunakan dalam sistem Windows 16-bit. Registry pertama kali diperkenalkan didalam sistem windows 16-bit sebagai penampung informasi mengenai pemetaan/asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya dan kemudian dikembangkan menjadi basis data dengan cakupan yang luas pada sistem-sistem operasi keluarga Windows NT. Registry juga kemudian digunakan pada sistem operasi kelas rumahan yaitu Windows 95, Windows 98 dan Windows ME. Tetapi memang implementasi yang cukup bagus dari registry terdapat didalam keluarga sistem operasi Windows NT.

Beberapa pendapat Registry adalah pusat database untuk pengaturan konfigurasi aplikasi dan informasi lainnya yang diperlukan oleh aplikasi.

Cara membuka registry pada komputer adalah dengan cara klik Start kemudian klik Run, lalu pada kotak dialog Run ketik "regedit" (tanpa tanda petik) maka akan muncul jendela Registry Editor. Terlihat lima key utama dibawah My Computer yaitu :
  1. HKEY_CLASSES-ROOT
  2. HKEY_CURRENT-USER
  3. HKEY_LOCAL_MACHIN
  4. HKEY_USERS
  5. HKEY_CURRENT_CONFIG
Itulah penjelasan tentang Registry Editor, dan semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar