Rabu, 26 Desember 2012

Mengatasi Masalah Port USB Komputer yang tidak Berfungsi

Berdasarkan pengalaman pribadi, komputer saya mengalami masalah pada port USBnya. Semua port USB tersebut tidak dapat berfungsi selayaknya. Pasti bingung banget jika Mouse, Keyboar, Printer dan yang lainnya berupa USB. Maka semuanya tidak berfungsi sama sekali. Maka dari itu saya akan membagikan kepada agan" bagaimana mengatasi solusi tersebut.

Mendeteksi Masalah :
  1. Jika saya coba Mouse dan Keyboard saya pada komputer lain 100% berfungsi dengan sangat baik.
  2. Semua Port USB setelah di test satu per satu tidak ada yang berfungsi. Berarti masalah berada pada komputer.
  3. Tidak dapat Install driver.
  4. Tampilan status device terdapat pesan error seperti ini : "Windows cannot load the device driver for this hardware. The driver may be corrupted or missing. (Code 39)".
  5. Karena Port USB tidak berfungsi, gunakan Mouse dan Keyboard ps2. Biasanya port tersebut terletak dibagian belakang komputer.
Berikut merupakan tampilan gambarnya jika dilihat dari device manager komputer. Tekan (windows+PauseBreak) atau klik kanan pada my computer, propertis dan klik Device Manager.







dengan melihat pessan error tersebut diketahuilah letak kesalahannya. Kamu tidak perlu melakukan instal ulang yang membutuhkan waktu dan tenaga berlebih untuk mengatasi masalah tersebut. Kamu hanya perlu masuk ke registry komputer dan menghapus beberapa DWord saja.

berikut langkah-langkahnya :
  1. Ketik pada menu run "regedit" (tanpa tanda kutip) lalu tekan enter maka  tampilan Registry Editor komputer kamu akan kelihatan.
  2. Selanjutnya buka buka HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM > CurrentControlSet > Control > Class > {36FC9E60-C465-11CF-8056- 444553540000}
  3. klik {36FC9E60-C465-11CF-8056- 444553540000} tersebut
  4. di panel sebelah kanan, cari UpperFilters dan LowerFilters lalu delete dua-duanya
  5. Buka kembali Device Manager dan lakukan perintah unistall driver USB tersebut.
  6. Restart komputer kamu agar otomatis komputer akan menginstal sendiri driver USB pada komputer tersebut. Hasilnya 100% berhasil dan semua port USB dapat kembali berfungsi dengan normal.
Jika hal ini menimpa komputer kamu maka lakukanlah hal tersebut tanpa harus memikirkan install ulang atau cara lainnya dengan membeli USB Card untuk ditambah pada komputer kamu.
Semoga postingan ini dapat bermanfaat dan semoga sukses. 

23 komentar:

  1. sekarang pertanyaannya bagaimana kalo di mother board nya tidak ada port ps2 nya? semua sudah menggunakan usb??

    saya sedang mencoba recovery tapi saya masih belum dapat apa yang harus di recovery, tujuannya sih recovery register..

    mohon arahannya mungkin ada ide?? ^_^ makasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak g ada port ps2nya? ane ini usb gag ke detect smua, tapi keyboard sama mouse masih bisa ke detect..trus ikutin cara diatas bisa kok..
      mungkin maslah hardwarenya...

      Hapus
  2. PERTAMAX, GAN.. Artikel'y sangat bermanfaat.. sekarang USB lepi ane udah berfungsi normal lagi.. udah ga minta di-reinstall lagi driver'y abiz restart (abiz restart semua perangkat USB ga terdeteksi, maka'y harus di-reinstall).. Thanks.

    BalasHapus
  3. mantab gan..makasih artikelnya..sangat bermanfaat..kmren usb modem ane mati..skrng usb smuanya mati..setelah ngikutin caranya agan, alhamdulillah udah bener ni usb smuanya...skali lagi makasih..:3

    BalasHapus
  4. Arigattou Gozaimasu Semoga amal Baiknya dapat balasan yg lebih , terima kasih banyak

    BalasHapus
  5. laptop saya port USB yang disamping berwarna biru. kenapa tidak bisa beerfungsi ?..

    BalasHapus
  6. gimana ni gan punya ane kalo baru dinyalain port usb siba tapu kalo udah lama tidak bisa berfungsi,,,,,???

    BalasHapus
  7. mantap gan...makasih banget infonya akhirnya port usb di laptop saya sudah berfungsi semua.awalnya saya sudah putus asa,punya laptop tapi port usbnya mati semua.dah cari di google tapi semua cara tidak ada yang bisa nyelesaiin masalah saya.rencananya sich mau di bwa ke tekhnisi laptop.tapi saya coba googling ulang melalui hp soalnya modem tidak terdektesi lagi di laptop.akhirnya nemuin blognyanya agan.setelah mengikuti cara''nya akhirnya allhamdulillah laptop saya dah kembali normal seperti semula.saya menulis koment ini melalui laptop saya yang sudah normal kembali sudah bisa mendektesi modem.trima kasih banyak' 'ya gan..trus update lagi info'' yang bermanfaat..n sukses slalu

    BalasHapus
  8. Thankyou gan pnya ane yg port 2.0 nya udh nyala..
    Tapi yang port 3.0 nya masih belum , kira2 gimana ya solusi nya gan ?

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah bermanfaat gan. moga rizkinya tambah lncar gan. amin....

    BalasHapus
  10. siang gan, masalah ane sama kaya agan, cma kompi HP Pavilion ane kaga ada port PS2nya..kompi maw booting tpi stuck smpe login...ada caranya ga gan?

    BalasHapus
  11. makasi infonya, sangat bermanfaat. semua berjalan normal kembali.
    semoga agan tambah sukses. salam

    BalasHapus
  12. thx 100 % berhasil caranya di laptop ane
    makasi ya brow

    gara2 update drive vga
    jd berubah device manager usb nya

    BalasHapus
  13. mau tanya gan, kalo gak deteknya pas dari awal masuk windows gimana ngatasinnya??
    tp buat liat settingan bios bisa..

    makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  14. Klo dword yg mu dihapusnya ga ditemukan. Gmn crnya?

    BalasHapus
  15. Klo dword yg mu dihapusnya ga ditemukan. Gmn crnya?

    BalasHapus
  16. Klo dword yg mu dihapusnya ga ditemukan. Gmn crnya?

    BalasHapus
  17. Maaf numpang tanya nih saya punya masalah sama dengan Desktop All In One PC Merk HP Pavilion, semua port USB gak bisa ngedetect keyboard maupun mouse, sedangkan port PS2 nggak ada, saya pusing juga nih gimana caranya, mau klaim garansi udah lewat 4 bulan

    BalasHapus